Profil SIM

Profil Sekolah Indonesia Makkah
  Sekolah Indonesia Makakh (SIM) Merupakan lembaga pendidikan yang dinanti-Nantikan keberadaannya oleh masyarakat Indonesia yang tinggal dan Bekerja di Mekah. Kontinuitas pelaksanaan pendidikan di dalamnya Merupakan representasi tercapainya perjuangan dan cita-cita luhur para Perintis yang Gigih sekolah berusaha dengan mendirikan sekolah. Kegigihan mereka pada hakikatnya Merupakan tuntutan terhadap hak mereka Sebagai warga negara untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Oleh karena itu, keberlangsungan pendidikan di SIM seyogyanya mendapat perhatian besar senua PIHAK, termasuk pemerintah Sebagai pengemban Konstitusi untuk Mencerdaskan bangsa.
  Merupakan proses pendidikan yang integral antara penyampaian informasi ilmu pengetahuan dan teknologi dengan Pembentukan karakter anak didiknya. Karena itu menjadi tuntutan keharusan bagi sekolah untuk terus Meningkatkan kinerjanya dan menciptkan kultur sekolah yang berakar pada ciri khasnya. Guru Sebagai ujung Tombak Peningkatan mutu, fasilitator dan motivator penciptaan kultur sekolah yang diharapakan, harus selalu ditingkatkan profesionalitas, wawasan, Dedikasi dan kesejahteraannya. Pengakuan lembaga resmi, kepastian hukum, kemudah Kepercayaan Dukungan pengguna dan keberlanjutan pendidikan sekolah. Begitu juga dana Operasional Sekolah yang memadai dan optimal sesuai kebutuhan, serta kesejahteraan pengelola Merupakan faktor penting program untuk Keberhasilan pendidikan sekolah. Ketiga faktor pendukung inilah yang akan selalu diupaykan dan dicarikan solusinya dalam rangka menyukseskan misi pendidikan Sekolah Indonesia Makkah.


  Sejarah SI-Makkah
  Sekolah Indonesia Makkah Merupakan Kelanjutan perjuangan para ulama terdahulu yang mengabdikan hidupnya untuk Kemajuan ilmu dan amal Shaleh. Benih-benih perjuangan yang telah ditanamkan oleh para ulama tersebut Dilanjutkan dengan satu tujuan, yakni agar warga negara Indonesia yang berada di Arab Saudi tetap bisa mengenal budaya, bahasan dan menginternalisasi Memahami budi pekerti luhur yang telah dimiliki oleh bangsa Indonesia sejak dahulu.
  Dengan semangat tersebut, Yayasan Ak-Ma'arif yang menaungi Sekolah Indonesia Makkah berusaha menembus Beberapa peraturan dengan berbagai alasan. Anggota yayasan pada hakikatnya adalah warga negara Indonesia yang dapat bermukimdi Makkah Merasakan Kegelisahan uang karena tidak adanya lembaga pendidikan formal yang bisa menfasilitasi warga Indonesia untuk anak-anak Memberikan pendidikan formal mereka.
  Puncak perjuangan yang panjang tersbut tercapai dengan diresmikannya Sekolah Indonesia Makkah pada tanggal 17 Juli 2000 oleh Duta Besar RI untuk Kerajaan Arab Saudi dan Kesultanan Oman pada jam itu, yakni Prof Dr Baharuddin Lopa, SH. Termat besar jasa beliau dalam mewujudkan cita-cita dan harapan para Pendiri sekolah SIM hingga bisa berdiri dan Berjalan hingga hari ini.




  Status Kelembagaan
Secara Operasional, Sekolah Makkah Indoneisa mendapat izin dari Ditjen Pendidikan Asing Saudi Arabia yang menunjuk Al-Anjal International School Penanggung Jawab Sebagai sekolah umum. Berdasarkan Surat Kepala Perwakilan RI Riyadh No 432/KP/VI/2000 tanggal 5 Juni 2000 dan Surat Kepala Sekolah Indonesia Jeddah No.236/SIJ / / C/II/2004 tanggal 18 Februari 2004, maka Sekolah Indonesia Makkah Merupakan kelas jauh dari Sekolah Indonesia Jeddah.
  Hubungan SIM dan Al-Anjal Intertational Sekolah, Sebagai konsekuensi Logis Berdirinya sekolah asing di Kota Suci Mekah, mau tidak mau harus Mengikuti kementrian SIM peraturan setempat. Kementrian Pendidikan Saudi menunjuj Al-Anjal International School Sebagai Pengawas dan Penanggung Jawab umum (kafi) Sekolah Indonesia Makkah dengan Kewajiban membayar iuran wajib (rusum) 25% dari besar SPP / bulan, ruang kelas dan staf pengajar serta putra dan putri terpisah.
  Hubungan SIM dan Sekolah Indonesia Jeddah (SIJ), berdasarkan Surat Kepala Perwakilan RI Riyadh No 432/KP/VI/2000 tanggal 5 Juni 2000 tentang permohonan izin Membuka kelas belajar kepada Direktur Jenderal Pendidikan Asing Saudi Arabia, serta Surat Kepala Sekolah SIJ No 236 / SIJ/C/II/2004 tanggal 18 Februari 2004 Bahwa Sekolah Indonesia Makkah adalah kelas jauh dari SIJ. Konsultasi dan pelaksanaan kurikulum menginduk kepada SIJ.


Alasan Pendirian Sekolah
  1. Jumlah anak usia belajar di Makkah cukup banyak sejalan dengan kedudukan Makkah Sebagai salah satu kantong konsentrasi warga Indonesia yang bermukim dan Bekerja di Arab Saudi.
  2. Sekolah Indonesia Jeddah (SIJ) Sebagai alternatif belokasi Relatif jauh, yakni sekitar 75 KM Sehingga untuk menyekolahkan anak ke Jeddah, selain biaya sekolah yang sudah Relatif tinggi, juga akan menambah biaya Akomodasi dan transportsasi yang cukup besar.
  3. Saudi sekolah madrasah Sebagai alternatif, meskipun gratis, bagi warga negara Sebagian besar Menimbulkan kegamangan berkenaan dengan memudarnya nilai-nilai etika Mentalitas anak didk, Rendahnya cinta tanah air sendiri (hubbul Waton), ahklak yang terkontaminasi, rasa hormat orang tua yang dinilai banyak melemah, serta pola Interaksi Sosial yang dirasa agak memberatkan.
  4. Sejauh-jauh terbang Bangau, akhirnya kembali ke kubangan jua. Memerlukan bekal anak bangsa wawasan dunia Bangsanya sendiri, Sehingga bekal pendidikannya diharapkan dapat memotivaso untuk membangun bangsa dan negaranya sendiri di Kemudian hari.
  5. Jika adalah kebanggaan tersendiri di pusat perhatian dunia Islaam yang banyak dikunjungi para peziarah umrah dan haji jammaah, ada satu tempat bagi anak bangsa untuk mengukir prestasi, sekaligus menimba pengalaman spiritual Keagamaan di Sekolah Indonesia Makkah. Cita-cita Pendiri sekolah pra sekolah menjadikan Indoneisa SIM Sebagai alternatif yang diburu oleh para Cendekiawan dan hartawan muslim dari seluruh tanah air perhaitan pusat ke umat Islam dunia dan tempat pergumulan doa muslimin dunia.



  Visi dan Misi
Berilmu Amaliah Beramal Ilmiyah

  Visi
  Sebagai sekolah mewujudkan sekolah yang Berorientasi pada prestai dan masa depan.
  Misi
  Mencetak lulusan yang unggul, menguasai IPTEK, Berwawasan global, berakhlakul Karimah dan bertaqwa kepada Allah AWT


  Jenjang Pendidikan
Sekolah Indonesia Makkah Jenjang pendidikan menyelenggarakan tiga, yakni:
  1. Pendidikan Taman Kanak-Kanak.
  2. Pendidikan Sekolah Dasar.
  3. Pendidikan Sekolah Menengah Pertama.
  Insya Allah, sesegera mungkin Sekolah Indonesia Makkah akan menyelenggarakan Pendidikan Sekolah Menengah Atas


  Program Khusus dan Ekstrakurikuler
Selain melaksanakan Kurikulum Pendidikan Nasional (Kurikulum Berbasis Kompetensi), Sekolah Indonesia Makkah juga mengembangkan Program Pendidikan Khusus dan kegiatan Ekstrakurikuler sebgai wahana memupuk dan mengembangkan minat, bakat dan potensi siswa-siswinya. Kekhususan ini dikemas dalam dua paket, yakni paket pelajaran Muatan Lokal Wajib dan Pelajaran Ekstrakurikuler.


  Program Pendidikan Khusus:
  1. Pelajarab Thafidz Al Qur'an Sebagai pelajaran Muatan Lokal Wajib Siswa dengan porsi waktu 5 jam pelajaran perminggu.
  2. Pelajaran Bahasa Inggris Sebagai pelajaran Muatan Lokal Wajib Siswa dengan porsi waktu 2 jam pelajaran perminggu.

  Kegiatan Ekstrakurikuler:
  1. Inggris Percakapan (Lancar Percakapan Dasar Bahasa Inggris).
  2. Muhaddatsah Bil'arabiyah (Lancar Percakapan Dasar Bahasa Arab).
  3. Pensyarahan Mufradat Al Qur'an (Paham Makna Ayat Al Qur'an Dasar).
  4. Sanggar Matematika (Mahir Berhitung Soal Matematika).
  5. Aplikasi Komputer (Mahir Menggunakan Komputer).
  6. Klinik Baca Tulis Hitung.
  7. Pencak Silat Dasar (Kesehatan dan Bela Diri).

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP